Selamat Membaca

Jumat, 30 Mei 2014

Berada di Persimpangan Jalan


ilustrasi gambar oleh jhorendra
Pernah ke suatu tempat yang belum pernah kamu datangi sebelumnya? Apa yang kamu rasakan ketika berada disana dan sendirian?
Seperti itu yang terjadi sekarang. Bingung harus ngapain. Bingung harus kemana. Bingung harus bagaimana. Bingung bingung bingung. 
Pernah bosan berada dirumah dan ingin sekali keluar? Tapi ketika kamu sudah berada diatas motor, menyalakan mesin, mulai berjalan, dan saat yang sama kamu baru sadar bahwa kamu tidak punya tujuan dan sendirian. Pernah?
Seperti itu yang terasa sekarang. Sudah mengerti bahwa ini yang dinamakan bingung. Seketika itu tak tau harus berbagi dengan siapa kebingungan ini. 

Pernah kamu berusaha mencapai sesuatu tapi hasil yang kamu dapatkan tak sememuaskan apa yang orang lain dapat? Padahal menurutmu dia tidak melakukan hal yang selevel dengan levelmu, padahal menurutmu dia tidak berusaha sekeras yang kamu lakukan. Pernah?
Pasrah lah jawabannya. Mau bagaimana lagi? Menyesal dan mengulang agar hasilnya berbeda? Waktu tidak se-friendly itu. Waktu tak akan mudah diajak berkompromi. Waktu terlalu keras kepala untuk kembali mengulang semuanya. 
Dan saat kamu mengetahui hasilnya, kamu hanya bisa bergumam "Mungkin ini sudah yang terbaik." Pernah?
Memang tak akan ada gunanya lagi berpikiran negatif atas hasil yang didapat. Berpikir positif mungkin akan menjadi hal yang tepat dan cukup bijak. Orang lain mungkin tidak berusaha sekeras kamu, itu menurutmu kan? Mungkin yang kamu lakukan memang belum maksimal, tapi yang orang lain lakukan itu adalah batas maksimalnya. Mungkin dia berusaha dengan sungguh-sungguh dan kamu tak cukup sungguh-sungguh jika dibandingkan dengan dia. Mungkin juga kemauan dia lebih tinggi dari kamauanmu sendiri.
Mungkin juga, mungkin juga, mungkin mungkin mungkin. 
Banyak kemungkinan memang didunia ini. Dan yang perlu kita lakukan hanya berpikir positif dan belajar dari apa yang sudah terjadi.

Pernah kamu diam, menutup mata dan berharap ada yang menarikmu keluar dari kebingungan ini? Pernah?
Padahal kamu sadar bahwa tak akan secepat itu ada orang yang akan datang, dan memang tak semudah itu keluar dari suatu kebingungan yang kamu sendiri tak tau penyebabnya.

Keinginan memang tak akan selalu sesuai dengan kenyataan. Tapi tanpa keinginan, tak mungkin ada jalan untuk mencapai semua yang terbaik yang bisa dicapai.
Kebingungan memang seperti sebuah persimpangan jalan. Kamu bisa ke kanan, ke kiri, atau tetap memilih jalan lurus kedepan. Setiap jalur yang dipilih ada kelebihan, kekurangan, ancaman dan keuntungan sendiri-sendiri. Yang terpenting adalah lakukan yang terbaik untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Dan pelajari yang positif untuk memacu kita berpikir positif. Semua ada jalannya.

Semangat untuk waktu yang akan datang. Jadikan hari ini lebih baik dari kemarin, dan jadikan esok lebih baik dari hari ini.


jhorendra.

2 comments:

Wisnu Pamungkas mengatakan...

dimensi waktu itu emang jahat jho :")

Anonim mengatakan...

truth is what you believe

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung

 

padepokan abu-abu Copyright © 2015 -- Powered by jhorendra